Pages

Friday, August 23, 2013

Jelajah Depok Sampai Papua (UI - TMII - Yougwa - Kedai Es Krim Gentong)

Saya akhirnya jadi berpetualang kembali dengan Calvin & Yogi, Rahmat dll ga bisa ikut, tapi kita dapet personil tambahan yaitu Askar.. Hahaha.. Kemarin perjalanan kami dimulai dari kampus UI Depok menuju TMII. Kenapa TMII? Karena kami semua udah lama banget ga ke TMII & Calvin kebetulan penasaran sama tempat peragaan Tionghoanya.. Hahaha.. Sesampainya kami di sana, kami agak kaget karena sepinya luar biasa.. Anjungan, dan museum terlihat sangat kosong dan tidak hidup.. Huff.. Tapi kami tetap keliling TMII untuk melihat-lihat, atau lebih tepatnya mencari tempat peragaan Tionghoa di TMII.. Maka kamipun kemudian mencari-cari tempatnya. Ternyata ga seindah yang saya bayangkan, karena masih banyak yang belum selesai dibangun juga.. hehe..
Gerbang peragaan Tionghoa
Setelah disambut dengan gerbang ini, kamipun berjalan masuk menelusuri jalan setapak yang ada, di sana ada patung-patung simbol cerita populer bangsa Tionghoa, Gedung pameran kaum peranakan, dan juga Gedung Hakka Tulou.. Sayangnya tempat ini sungguh sangat sepi dan kelihatan kurang terawat.. :(
Hakka Tuluo
Gedung Hakka Tuluo ini belum selesai dibangun.. Pas kita masuk ternyata masih ada pekerja yang sedang memotong bahan bangunan, dan masih sangat kotor. Katanya sih tanggal 9 September nanti akan diresmikan, semoga selesai tepat waktu deh, karena kelihatannya pembangunannya agak lamban.. Setelah itu kamipun melanjutkan perjalanan kami ke Museum Keprajuritan Indonesia. Harga tiketnya (hanya) Rp 2500,- . Oh iya, saya lupa bilang, harga tiket masuk TMII Rp 10.000,- per orang dan Rp 10.000 untuk mobil.. Terbilang murah juga kan??
Pintu Masuk Museum Keprajuritan Indonesia (plus punggung 3 teman saya)
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu menghargai jasa-jasa para pahlawannya"
Patung para pahlawan (yang diakui)
Setelah itu kami lanjut jalan lagi ke Museum ikan air tawar & museum serangga (harga tiket Rp 15.000), lalu lanjut ke kereta gantung (harga tiket Rp 30.000).. Sebelum naik kereta gantung, kita masih agak penasaran sama anjungan Papua, tapi begitu anjungannya keliatan dari atas kereta gantung dan ternyata kosong banget, kita menurungkan niat untuk kesana (karena udah laper juga).. Sebenernya pas naik kereta gantung itu kita udah laper berat, tapi makanan di dalam kawasan TMII kurang mengundang selera.. Ga banyak pilihannya, dan berhubung itu objek wisata pasti harganya ga setimpal dengan rasanya.. hahaha.. Akhirnya kita keluar dari kompleks TMII lalu menemui masalah lainnya yaitu "mau makan apa?". Karena ga ada satupun dari kita yang paham daerah sana, akhirnya masuk tol dan awalnya kita sepakat mau makan di Tebet, tapi berhubung kondisi jalan tol juga lancar, maka Calvin (yang nyetir) nawarin kita makan di Kelapa Gading. Kalo dipikir-pikir lagi, rutenya agak aneh sih, tapi kita pasrah aja hahaha..

Sebelum sampe di Kelapa Gading, mereka pada nanya mau makan apaan, saya nyaranin untuk makan di salah satu kopitiam di sana, tapi setelah diinget-inget lagi saya baru kepikir ada restoran ala Papua & Manado di Kelapa Gading, setelah saya usulin makan di sana, ternyata mereka pada mau aja, yaudah cusss langsung ke Yougwa.. Dalam hati ,"Ga kesampean masuk anjungan Papua gapapa, yg penting nyobain makanannya!" hehehehe

Mungkin banyak yang belum tau resto ini, walaupun lokasinya terbilang strategis apalagi berada di deretan rumah makan lainya di Bulevar Kelapa Gading.. Saya sendiri tau tempat ini dari salah seorang teman yang pernah iseng nyoba makan di sini.. Untuk suasananya standar aja sih, maklum rumah makan ini masih agak tradisional, jadi dekorasinya juga ga terlalu memikat hati, tapi cukup menggambarkan identitas Papua nya dengan memajang pernak pernik khas.. Dinding rumah makan juga ini dipenuh dengan foto-foto dan testimoni orang-orang asal Papua (misalnya Kepala Desa) tentang restoran ini..
Hiasan dinding dan beberapa tamu yang kefoto hihi
Meja Kasir
Es Jeruk
Berhubung siang kemarin panasnya menggila banget (plus AC mobilnya Calvin lagi rusak), jadi kami kehausan dan begitu sampai, langsung pesan minuman. Kalo katanya Calvin, minuman yang dateng itu udah kayak oasis.. hahaha.. Saya sendiri pesan Es Jeruk, beberapa dari kami ada juga yang pesan Es teh & Ice Lemon tea, semuanya enak (karena haus).. hahahaha Untuk es Jeruknya saya pikir 100% murni jeruk peras, tapi ternyata dicampur sirup juga, tapi ya tetep enak sih.. --> mungkin udah mulai berhalusinasi jadi semua minuman dingin enak aja rasanya..
PAPEDA!
Kuah Asam Ikan Gabus
Nahh, langsung ke makanannya! Rumah makan ini menyajikan menu utama yang memang terkenal sebagai makanan khas Papua, yaitu papeda dengan kuah asam ikan. Papeda itu apa sih? Saya sendiri juga udah lama penasaran sekali sama menu ini, hingga saya menemukan Yougwa dan akhirnya nekat mencobanya (nyobain makanan yang ga pernah kebayang rasanya kayak apa itu menurut saya memang butuh kenekatan tertentu hehehe).. Kembali ke papeda.. Papeda itu terbuat dari sagu, bentuknya kental dan rasanya (ternyata) hambar.. Papeda ini dikonsumsi masyarakat Papua sebagai makanan pokok, pengganti nasi.. Walaupun keliatan dikit, papeda ini cukup mengenyangkan loh..

Menurut saya, bisa dibilang papeda ini rasanya aneh, teksturnya mirip kulit kue mochi tapi lebih basah dan lengket.. hehehe.. Memang ga pernah disarankan dimakan polos-polos gitu sih.. Makanya di buku menu, papeda ini dipasangkan dengan kuah asam ikan.. Kamipun memesan kuah asam ikan gabus yang menurut di pelayan, ikan ini banyak digemari oleh pelanggan rumah makan ini.. Nah karena Calvin ga suka rasa asam, maka kita minta sumber rasa asamnya itu dipisah dan ternyata mereka menggunakan jeruk nipis untuk rasa asamnya jadi bisa dipisah, dan kamipun bersyukur Calvin bisa makan dengan senang.. hehehe.. Untuk rasa kuah asam ini sendiri menurut saya sangat menyegarkan, karena ada rasa asam, pedas, gurih sekaligus dan harum karena ditambahkan daun kemangi. Sayangnya ikan gabus yang saya makan agak amis, sehingga nafsu makan saya waktu itu agak menurun :X
Tumis Bunga Pepaya
Menu khas lainnya yaitu tumis bunga pepaya (ada sebutan lokalnya sih kalo gak salah namanya "Ganemo" haha).. Dulu saya pernah makan tumis bunga pepaya di tempat lain dan saya kesal karena rasa pahitnya luar biasa.. Nah pas Yogi & Calvin memesan ini saya agak-agak takut untuk mencobanya, tapi ternyata enak, hampir ga kerasa pahitnya dan aromanya itu enak banget, malah saya jadi ketagihan. hehe. Setau saya tumis bunga pepaya ini sendiri adalah salah satu masakan khas Manado.
Perkedel Jagung
Nah, karena kami masih baru banget nyobain makanan khas Papua & Manado ini, maka kami juga memesan menu yang agak "aman" untuk berjaga-jaga kalo aja menu khas daerah ini ga bisa kita makan hahahaha.. Akhirnya kita pesan perkedel jagung (aka bakwan jagung) & cumi goreng tepung.. Dan ternyata enak semua. Ukuran perkedel jagungnya agak heboh sih, besarnya hampir sama kayak piring makan kita dan cukup tebal, tapi tetap renyah.. Jagung yang dipake juga jagung manis jadi pas banget rasanya.. Untuk cumi goreng tepungnya sendiri dimasak dengan lama yang pas jadi ga alot dan tepung bumbunya garing gurih.. hmmmmm (jadi kebayang lagi)
Cumi Goreng Tepung

Setelah selesai makan, kami sempet ngobrol-ngobrol soal komentar masing-masing akan makanan yang kami makan, dan kami berempat sepakat semuanya enak kecuali papeda yang agak kurang cocok di lidah (dan perut) kita.. Tapi setidaknya kita udah nyobain dan tau papeda itu kayak apa.. hahahaha.. Kami juga sepakat bahwa makanan ini akan lebih enak kalo dimakan sama nasi, yaaa harap maklum ya, dari lahir sampe setua ini kami cuma belajar makan nasi, mi & roti.. Mungkin kalo udah biasa, papeda akan terasa sama enaknya sama nasi/mi/ roti..
Sehabis makan kamipun hanya bisa bengong karena makanan yang kami pesan (agak kebanyakan), ga ada yang tau kalo perkedel jagungnya bakalan segede itu & porsi kuah asamnya lumayan gede.. hahaha.. Akhirnya sambil duduk-duduk, kita ngobrol dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Kedai Es Krim Gentong.. hahahaha.. betapa orang-orang kekenyangan ini ga kapok makan.. Tapi prinsip kita sama sih, selalu ada tempat untuk dessert, terutama es krim!! :D Jadi habis menghela napas beberapa hitungan (ga diitung juga sih) dan bayar (pastinya) kita pergi ke Kedai Es Krim Gentong, yang mana harus sedikit muter lagi dari sana..

Sesampainya kita di Kedai Es Krim Gentong, kita liat lagi ada promo gratis 1 sccop es krim kurma setiap pembelian Rp 15.000 (berlaku kelipatan), semakin kalaplah kita.. Hahaha.. Lalu kita mesan es krim ukuran cup untuk dine in (2 sccop), saya sendiri pesan alpukat-greentea..

Avocado - Green Tea Ice Cream in dine-in cup
(free) Dates Ice Cream
Seusai makan es krim dan kembali bengong karena pada begah akhirnya kita menuju jalan pulang.. Sebenernya kalo dari Kelapa Gading langsung ke rumah saya gampang aja, tapi berhubung Calvin janji nganter Yogi balik ke UI, jadi rute kitapun semakin ngaco.. Calvin milih balik ke Depok via Cakung yang mana itu muter lagi demi menghindari tol kelapa gading yang macet.. hahaha.. Saya pun malah semakin menjauhi rumah padahal target saya jam 6an paling udah sampe rumah.. Akhirnya kita sampe di Depok jam 7 lebih dan saya sampe rumah hampir jam 8.30.. Sepanjang perjalanan saya udah mikir sampe rumah tinggal mandi dan tidur karena udah pegel akut, tapi kenyataan menghendaki hal yang berbeda.. Begitu sampe stasiun Sawah Besar, stasiunnya gelap gulita, lampu lalu lintas di deket sana juga ga nyala daaaannnnnnn rumah saya pun mati lampu.. Haduhhh.. Ternyata gardu listrik di daerah Mangga Besar ada yang meledak, jadilah pemadaman listrik sampe setengah 1 malem, yang mana saya udah tidur.. hahahaha.. What a day..

YOUGWA Restaurant
Makanan Khas Papua dan Manado
Jl. Bulevar Kelapa Gading Blok WA 2 No. 31
Kelapa Gading -Jakarta Utara
Tel : 021 92087099

Kedai Es Krim Gentong (Kelapa Gading)